Massa Demo DPRK Aceh Singkil | Liputan 24 Aceh

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Massa Demo DPRK Aceh Singkil

Posted by On 6:09 AM

Massa Demo DPRK Aceh Singkil

Massa Demo DPRK Aceh Singkil

Sengketa lahan antarawarga Aceh Singkil, dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit tidak pernah

Massa Demo DPRK Aceh SingkilMASA melakukan unjuk rasa di gedung DPRK Aceh Singkil, terkait sengketa lahan dengan PT Nafasindo, Selasa (4/9)

* Terkait Sengketa Lahan dengan Perusahaan

SINGKIL - Sengketa lahan antarawarga Aceh Singkil, dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit tidak pernah berhenti. Kali ini persoalan sengketa lahan disuarakan massa dengan melakukan unjuk rasa ke kantor Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Singkil, di kawasan Kampung Baru, Singkil Utara, Selasa (4/9).

Massa yang didampingi LSM Perlahan dan Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (Yara) perwakilan Aceh Singkil tersebut selama ini diketahui bersengketa lahan dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Nafasindo. Warga berunjuk rasa lantaran sudah bertahun-tahun masalah tersebut disuarakan, namun tidak pernah ada penyelesaian dari pemerintah.

Menurut pengunjuk rasa lahan yang menjadi sengketa merupakan tanah ulayat, transmigrasi dan milik kelompok tani, namun dituding dikuasai perusahaan. “Kami datang menuntut hak kami. Jika tidak dikabulkan jangan salahkan kami merebut sendiri hak kami,” teriak Irfan Efendi, koordinator pengunjuk rasa.

Demonstran datang menggunakan mobil bak terbuka serta kendaraan roda dua dengan pengawalan aparat kepolisian. Pengunjuk rasa awalnya berorasi di depan pintu gerbang kantor DPRK Aceh Singkil, di kawasan Kampung Baru, Singkil Utara. Setelah mendapat pengarahan pihak Polres Aceh Singkil agar menyampaikan aspirasi secara tertib, pengunjuk rasa yang berasal dari berbagai kecamatan itu diperkenankan mas uk ke halaman kantor DPRK.

Di teras kantor DPRK, pengunjuk rasa sempat menyampaikan kekesalan sebab hanya segelintir wakil rakyat yang menemui mereka. Perwakilan pengunjuk rasa ditemui anggota DPRK Aceh Singkil Fakhrudin Parsosi, Sadri Lingga, Tamiruddin Lingga dan Jafriadi.

Anggota DPRK menyatakan akan menindaklanjuti aspirasi pengunjuk rasa. “Kami siap menindaklanjuti aspirasi,” kata Fakhrudin Pardosi. Merasa aspirasinya sudah didengar wakil rakyat, warga terlihat keluar dari kantor DPRK.

“Dalam sepekan anggota DPRK berjanji akan mengeluarkan rekomendasi menindaklanjuti tuntutan massa. Kita beri waktu apa rekomendasinya,” kata Irfan memberitahu peserta unjuk rasa.

Gelombang unjuk rasa terkait sengketa lahan masyarakat dengan perusahaan perkebunan di Kabupaten Aceh Singkil berkali-kali terjadi. Berdasarkan catatan dalam tahun ini unjuk rasa yang dipicu sengketa lahan sudah terjadi beberapa kali.

Sebelumnya unjuk rasa sengketa lahan antara petani dengan PT Delima Makmur terjadi pada Mei lalu. Belum selesai permasalahan tersebut, kini muncul kembali unjuk rasa serupa antara masyarakat dengan Nafasindo.(de)

Editor: bakri Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Berita Aceh

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »