Aceh Tengah Berangkatkan 373 Peserta PKA | Liputan 24 Aceh

Liputan 24 Aceh

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Aceh Tengah Berangkatkan 373 Peserta PKA

Posted by On 4:26 AM

Aceh Tengah Berangkatkan 373 Peserta PKA

PKA 7

Aceh Tengah Berangkatkan 373 Peserta PKA

Kontingen Aceh Tengah memberangkatkan sekitar 373 peserta untuk mengikuti kegiatan Pekan Kebudayaan Aceh

Aceh Tengah Berangkatkan 373 Peserta PKABUPATI Aceh Tengah, Shabela Abubakar didampingi Sekda, Karimansyah melepas keberangkatan kontingen Aceh Tengah untuk mengikuti beragam kegiatan di ajang Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-7 di lapangan setedakab setempat, Sabtu (4/8).

TAKENGON - Kontingen Aceh Tengah memberangkatkan sekitar 373 peserta untuk mengikuti kegiatan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7 di Banda Aceh. Peserta PKA dilepas langsung oleh Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar didampingi Sekda, Karimansyah di lapangan S etdakab, Takengon, Sabtu (4/8).

Kabupaten Aceh Tengah, akan mengikuti sekitar 16 kegiatan dari 31 jenis lomba ajang empat tahunan itu. Kontingen yang berasal dari Dataran Tinggi Gayo (DTG) ini, mengandalkan pawai budaya yang diperkirakaan memiliki peluang besar mendapat perhatian.

Dalam pagelaran pawai budaya ini, Aceh Tengah akan memboyong beberapa ekor kuda, serta gajah, sehingga akan berbeda dengan daerah lain. Kedua hewan ini dianggap punya nilai sejarah tersendiri bagi masyarakat di Dataran Tinggi Gayo (DTG), sehingga harus diikutkan dalam even budaya itu.

Kadis Pendidikan Kabupaten Aceh Tengah, Uswatuddin yang juga Ketua Kontingen PKA Aceh Tengah menyebutkan peserta yang diberangkatkan akan mengikuti sejumlah agenda, yakni beberapa cabang seni dan permainan rakyat.

“Panitia sudah berusaha mempersiapkan segala sesuatunya dalam menghadapi PKA kali ini. Persiapan sudah dilakukan sejak dua bulan lalu,” kata Uswatuddin.

Sementara itu, Bupati A ceh Tengah, Shabela Abubakar, ketik melepas kontingen PKA Aceh Tengah menekankan agar seluruh peserta menjaga sikap dan perilaku selama berada di Banda Aceh. “PKA ini juga menjadi forum silaturrahmi di antara masyarakat dari seluruh kabupaten dan kota di Aceh. Sehingga penting menjunjung tinggi semangat kebersamaan diantara kita,” kata Shabela.

Kabupaten Aceh Tengah punya tradisi prestasi dalam setiap penyelenggaraan PKA, tercatat pada PKA II tahun 1972 dan PKA ke-5 tahun 2009, Aceh Tengah menoreh tinta emas sebagai juara umum. Sedangkan ajang PKA ke-6 di tahun 2013 lalu, Aceh Tengah, absen mengikuti even budaya tersebut, lantaran bertepatan dengan musibah bencana gempa bumi yang sempat meluluhlantakan sejumlah daerah di Aceh Tengah.

Sementara itu, Asisten I Setdakab, Ali Surahman melepas 140 peserta yang akan mengikuti PKA ke-7 di Banda Aceh. Mereka dilepas di lapangan Kantor Bupati Agara, Kutacane, Sabtu (4/8) pagi dan berangkat dengan dua bus, serta pikap L-300 yang mengangkut barnag-barang yang akan dipamerkan.

Ali Surahman dalam sambutannya mengatakan untuk komsumsi dan penginapan peserta dan tim harus dikoordinasikan dengan pihak panitia kegiatan. Dia berharap, peserta tetap kompak dan menjaga kesehatan, sehingga tampil maksimal selama kegiatan PKA. “Kita harus menjaga nama Kabupaten Aceh Tenggara dan berharap mampu meraih prestasi,” katanya.

Sedangkan Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Agara Ahmad Yani mengatakan jumlah peserta yang diberangkat sebanyak 140 orang. Disebutkan, Agara mengikuti 28 jenis perlombaan, baik tarian maupun masakan tradisional.

Agara akan mengikuti pawai budaya, seumapa (ngekhane), melukis, lomba masakan tradisional, tangis dilo, tari durung, tari brudihe, bouh gaca, engrang, peudame ureueng, masak ikan dan kue tradisional, suson ranup, pagelaran budaya mepahukh, peuayon anuek, geulayang tunang. Kemudian, tari kreasi baru, musik tradisi, upacara adat perkawinan, pag elaran budaya melagam, kerajinan anyaman khas Aceh, kayoh jalo dan lainnya.(my/as)

Editor: bakri Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Berita Aceh

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »