Ratusan Mobil Antre di Balohan | Liputan 24 Aceh

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Ratusan Mobil Antre di Balohan

Posted by On 12:17 AM

Ratusan Mobil Antre di Balohan

Ratusan Mobil Antre di Balohan

Ratusan mobil mengantre masuk ke kapal di Pelabuhan Balohan Sabang untuk bisa menyeberang ke Pelabuhan

Ratusan Mobil Antre di BalohanRATUSAN kendaraan mengantre di Pelabuhan Balohan Sabang untuk masuk ke dalam kapal menuju Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, Senin (4/12).

* Untuk Nyeberang ke Ulee Lheue

SABANG - Ratusan mobil mengantre masuk ke kapal di Pelabuhan Balohan Sabang untuk bisa menyeberang ke Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, Senin (4/12). Panjang antrean meluber hingga ke luar pelabuhan hingga mencapai 500 meter.

Amatan Serambi di Balohan, kemarin, mobil yang mengantre terdiri atas mobil pribadi, truk milik kepolisi an yang bertugas untuk pengamanan Sail Sabang, serta bus milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang bertugas pendukung mobilisasi tamu Sail Sabang.

Kepala UPTD Pelabuhan Balohan, Abdur Rani, kepada Serambi mengatakan, antrean tersebut sudah mulai tampak sejak Sabtu (2/12), usai opening ceremony Sail Sabang yang dilakukan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Karena sebagian tamu langsung pulang hingga pejabat pemerintahan.

Dia memperkirakan, puncak antrean kendaraan akan terjadi setelah penutupan Sail Sabang, karena semua pengisi acara, kontraktor, hingga pedagang akan kembali pulang. “Kemungkinan lonjakan kendaraan di Balohan ini masih akan terjadi hingga 10 Desember, karena akan disusul oleh kendaraan yang membawa pulang barang logistik,” ujar Abdur Rani.

Untuk mengatasi masalah itu, kapal sudah menambahkan trip untuk mengangkut kendaraan yang dimulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Dikatakannya, setiap dua jam sekali terdapat satu kapal yang keluar dari pelabuhan, sehingga per hari mereka dapat mengangkut sekitar 150 mobil, serta ratusan kendaraan roda dua.

Ia menambahkan, supaya cepat mengurai tumpukan penumpang di pelabuhan, mereka juga memprioritaskan kendaraan pribadi untuk masuk ke kapal. Namun, lanjut Abdur Rani, untuk penumpang tanpa kendaraan tidak mengalami masalah. Karena dengan kapal cepat saja sudah mampu mengangkut sekitar 2.000 penumpang per hari.

Kepala UPTD Pelabuhan Balohan, Abdur Rani, mengatakan, selama Sail Sabang pelayaran Balohan Sabang-Ulee Lheue Banda Aceh dilayani tujuh kapal. Kapal tersebut terdiri atas tiga kapal lambat yaitu KMP BRR, KMP BRR, dan KMP Papuyu. Serta empat kapal cepat yaitu Express Bahari 8B, Express Cantika 89, Express Bahari 2F, dan Express Bahari 2C, keempat kapal lambat itu mampu mengangkut penumpang hingga 1.400 orang.

Selain itu, kata Abdur Rani, di Sabang juga terdapat Kapal Perintis Sabuk Nusantara yang diperbantukan dari rute Meulaboh-Calang. Namun karena kapal itu mengambil rute Pelabuhan Balohan-Pelabuhan Malahayati Krueng Raya, Aceh Besar, sehingga tidak ada peminat.

Supervisi Lintasan ASDP, Husaini mengatakan, bahwa kemarin KMP Tanjung Burang sudah melakukan Sea Trail, untuk ujicoba mesin. Jika kondisinya sudah memungkinkan, maka kapal itu akan segera berlayar membantu mengurai kendaraan yang menumpuk.(mun)

Editor: bakri Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Google News | Liputan 24 Calang

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »