Perbaikan Jembatan Indrapuri Lamban | Liputan 24 Aceh
www.AlvinAdam.com

Liputan 24 Aceh

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Perbaikan Jembatan Indrapuri Lamban

Posted by On 8:24 PM

Perbaikan Jembatan Indrapuri Lamban

Perbaikan Jembatan Indrapuri Lamban

Perbaikan lantai Jembatan Indrapuri, Aceh Besar, mendapat sorotan banyak pihak karena lambannya

Perbaikan Jembatan Indrapuri LambanWAKIL Ketua DPRA, Sulaiman Abda meninjau jembatan Indrapuri yang sadang diperbaiki lantai beton. Foto direkam, Selasa (5/12).

* Hanya Dikerjakan 4 Orang

BANDA ACEH - Perbaikan lantai Jembatan Indrapuri, Aceh Besar, mendapat sorotan banyak pihak karena lambannya pengerjaan. Sejumlah sopir angkutan bahkan merasa kesal karena sudah hampir tiga bulan harus mengantre panjang untuk bisa melewati jembatan yang sedang diperbaiki itu.

Kekesalan para awak angkutan itu diungkapkan kepada Wakil Ket ua DPR Aceh, Sulaiman Abda, yang kebetulan Selasa (5/12) siang melakukan peninjauan ke lokasi jembatan tersebut. “Sudah hampir tiga bulan kami melintas di rute ini, perbaikan jembatan belum juga selesai,” kata Rahman, sopir minibus rute Banda Aceh-Sigli kepada Sulaiman Abda.

Rahman tak mengerti kenapa pengerjaan perbaikan jembatan itu begitu lambah. Namun dia meyakini kelambanan itu karena pengerjaannya tidak dilakukan secara maksimal dan hanya dikerjakan oleh 4 sampai 6 pekerja perharinya. “Bagaimana hasilnya mau maksimal, kalau pekerjaan sebesar itu hanya dilakukan 4 sampai 6 orang saja,” tanyanya.

Keluhan serupa juga dilontarkan para sopir truk pasir dari Aceh Besar, Abdullah dan Ruslan. Mereka mengaku bosan dan jenuh setiap mau melintas di jembatan Indrapuri, harus mengantre panjang. “Selain mengantre panjang, truk juga harus berjalan zig-zag di atas jembatan. Itu benar-benar sangat menyulitkan,” kata mereka.

Sedikitnya jumlah pekerja di jembatan itu juga diakui Agus, anggota Polsek Indrapuri yang saat itu sedang mengatur arus lalu lintas di depan jembatan Indrapuri. Untuk pekerjaan beratnya, kata Agus, memang sudah selesai. Tapi sudah dua minggu berjalan, pengecoran lantai ketiga, pengaspalan lantai beton jembatan belum juga dilakukan kontraktor.

PPK jembatan Indrapuri, Aceh Besar, Ir Safaruddin, mengatakan, belum dilakukannya pengaspalan lantai jembatan yang telah dicor karena masa umur lantai beton jembatan yang ketiga dicor, belum penuh 28 hari. Jika dipaksakan untuk dilalui truk bermuatan 20-40 ton, betonnya akan retak lagi. “Untuk memperbaikinya lagi butuh waktu 3-4 bulan,” katanya.

Karenanya, Safaruddin meminta kepada pengguna jalan untuk bersabar. Setelah masa pengeringan cor beton lantai jembatan sudah sampai dan pihak Laboratorium PU, sudah menyatakan bisa dilakukan pengaspalan, pihaknya akan memerintahkan kontraktornya untuk segera mengaspalnya. “Jadi keterlambatan pengaspalan lantai beton jem batan bukan karena pekerjanya sedikit, tapi lebih disebabkan menunggu masa umur pengeringan,” pungkasnya.

Wakil Ketua DPRA, Sulaiman Abda, mengatakan, pihak Balai PU Aceh perlu meninjau ke lapangan untuk melihat progres dan kualitas pekerjaan pelaksanaan perbaikan lantai jembatan Indrapuri yang sudah berjalan tiga bulan, tapi belum juga tuntas. Kalau progres pekerjaannya belum mencapai target, kontraktornya perlu diberikan teguran.

“Tujuannya agar kontraktor memacu pekerjaan. Akibat kelambanan kontraktor menyelesaikan borongan paket proyek perbaikan lantai jembatan Indrapuri nya senilai Rp 1,6 miliar itu, menyebabkan pengguna jalan harus antre panjang” ujar Sulaiman Abda.(her)

Editor: bakri Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Google News | Liputan 24 Sigli

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »