Mengunjungi Pulau Rubiah, surga bawah laut di Kota Sabang | Liputan 24 Aceh

Liputan 24 Aceh

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Mengunjungi Pulau Rubiah, surga bawah laut di Kota Sabang

Posted by On 4:17 AM

Mengunjungi Pulau Rubiah, surga bawah laut di Kota Sabang

Merdeka > Peristiwa Mengunjungi Pulau Rubiah, surga bawah laut di Kota Sabang Senin, 4 Desember 2017 10:26 Reporter : Hery H Winarno Pulau Rubiah. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Salah satu titik penyelenggaraan Sail Sabang 2017 ada di Pantai Iboih. Di pantai ini digelar berbagai lomba salah satunya diving. Pantai ini berjarak sekitar 20 Km dari pusat Kota Sabang.
Pantai Ibo ih ini lokasi yang paling banyak didatangi turis asing. Mereka datang ke Iboih untuk snorkeling dan diving. Namun lokasi terbaik untuk menikmati keindahan alam bawa laut bukan di Pantai Iboih, tetapi di Pantai Rubiah yang jaraknya sekitar 500 meter dari Pantai Iboih.
Setelah sampai di Pantai Iboih, pengunjung bisa menyewa perahu motor yang banyak tersedia. Untuk perahu motor ukuran sedang (muat 8 orang) tarifnya Rp 200 ribu. Pengunjung akan diantar sampai Pulau Rubiah dan setelah puas tinggal kontak driver kapal maka akan kembali dijemput.
Untuk snorkeling, pedagang di Pantai Iboih sudah menyediakan perlengkapan lengkap. Mulai dari baju menyelam, pelampung, kaca mata dan sepatu renang. Bahkan beberapa pemandu lokal siap memberikan pelatihan singkat bagi yang awam menyelam di laut.
Di pulau ini pengunjung bisa melihat sisa bangunan asrama haji zaman kolonial. Hal ini karena pulau ini dulu menjadi tempat persinggahan terakhir dari kapal jamaah haji yang hendak pergi ke Jed dah. Di Pulau ini juga terdapat makam Siti Rubiah yang diyakini sebagai salah satu dari 44 makam keramat yang menjaga Sabang.
Wisatawan bisa bersnorkeling ria atau pun juga diving, untuk melihat berbagai biota laut yang hidup di bawahnya. Pantai di Pulau Rubiah sangat jernih sehingga ikan-ikan bisa tampak jelas oleh mata telanjang. Selain itu arusnya juga cukup tenang sehingga bagi para pemula pun bisa melakukan snorkeling dan diving di pulau ini.
Keindahan alam bawah laut yang dimiliki Pulau Rubiah ini sungguh memang menakjubkan, terdapat berbagai jenis ikan hias seperti ikan badut atau yang sering disebut ikan nemo, ikan kepe-kepe, ikan botana biru, ikan karang, angel fish, lion fish dan masih banyak lagi. Dengan berbagai ukuran dari yang kecil hingga besar, ikan-ikan ini akan senantiasa menemani wisatawan saat snorkeling.
Jika ingin lebih dekat dengan ikan, pengunjung bisa membawa mie instan. Di jamin Anda bakal dikerubungi oleh ikan-ikan yang berebut makan di sekelil ing Anda.
Tak hanya aneka jenis ikan yang cantik, terdapat pula berbagai spesies terumbu karang yang menghiasi panorama bawah laut di Pulau Rubiah ini. Aneka terumbu karang berwarna warni, anemon laut, bintang laut, dan alga hidup serasi bersama ikan-ikan yang berenang ke sana kemari. Kelestarian panorama bawah laut yang ada di pulau ini juga terjaga dengan sangat baik.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemprov Aceh, Reza Pahlevi menyebut bahwa Pulau Rubiah ini salah satu surga bagi penyuka alam bawah laut. Tak heran Pulau Rubiah menjadi salah satu andalan pariwisata di kota paling ujung barat Indonesia ini.
"Pulau Rubiah ini surga bagi wisatawan untuk menyelam dan melihat keindahan alam bawah laut. Ada 22 spot yang memiliki keindahan dan keunikan yang berbeda-beda di sepanjang pulau ini," ujar Reza Pahlevi kepada merdeka.com, Senin (4/12).
Victor, turis asal Swedia mengaku senang berlibur ke Sabang khususnya ke Pulau Rubiah. Dia bersama 3 temannya sen gaja datang ke kota ini untuk melihat kemeriahan Sail Sabang. Nah selama lima hari di Sabang, setiap hari dia selalu datang ke Pulau Rubiah ini.
"Ini tempat yang bagus untuk snorkeling. Saya dan teman saya selalu ke pantai ini," ujarnya pada merdeka.com.
Puas berenang di pantai yang jernih, pengunjung bisa menikmati aneka hidangan yang banyak tersedia di Pulau Rubiah. Meski bukan pulau berpenghuni, sejak pagi hingga malam ada banyak tempat makan di sini. Ikan bakar, nasi goreng hingga aneka gorengan bisa disantap dengan nikmat sambil menikmati keindahan pantai Rubiah.

Baca juga:
Mengintip atraksi budaya adat Melaot di Sabang
Menengok pembangkit listrik tenaga surya di Pelabuhan Sabang
Aksi bule ikut bersihkan laut dalam acara Sail Sabang 2017
Sail Sabang promosikan wisata bahari Sabang ke penjuru dunia
Sail Sabang buat perekonomian warga menggeliat

Topik berita Terkait:
  1. Sail Sabang
  2. Banda Aceh
  3. Sabang
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Rekomendasi

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.


Sumber: Google News | Liputan 24 Sabang

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »