Jalan Alternatif Krueng Tingkeum Rusak Parah | Liputan 24 Aceh
www.AlvinAdam.com

Liputan 24 Aceh

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Jalan Alternatif Krueng Tingkeum Rusak Parah

Posted by On 8:31 PM

Jalan Alternatif Krueng Tingkeum Rusak Parah

Jalan Alternatif Krueng Tingkeum Rusak Parah

Ruas jalan alternatif sebelah utara dan sebelah selatan Krueng Tingkeum, Kecamatan Kutablang, Bireuen rusak parah

Jalan Alternatif Krueng Tingkeum Rusak ParahSERAMBI/YUSMANDIN IDRISRangkaian-Pemasangan rangkaian rangka baja jembatan Krueng Tingkeum, Kutablang Bireuen terus dipacu dan rangkaian hampir tersambung antara timur, tengah dan barat. SERAMBI/YUSMANDIN IDRIS

* Kendaraan Sulit Melintas

BIREUEN - Ruas jalan alternatif sebelah utara dan sebelah selatan Krueng Tingkeum, Kecamatan Kutablang, Bireuen rusak parah seminggu terakhir. Badan jalan yang rusak dengan taburan lobang menganga dan bergelombang akibat digerus hujan, membuat ken daraan jenis minibus kesulitan melintas, sehingga memicu terjadinya kemacetan.

Pantauan Serambi, kemarin, ruas jalan sebelah utara rusak mulai dari ujung jembatan. Akibatnya, truk besar terseok-seok melewati lobang jalan yang seperti kubangan kerbau. Sedangkan kendaraan jenis minibus ekstra hati-hati agar gardannya tidak tersangkut ketika melewati lobang menganga. Kerusakan bukan saja di sebelah barat, sebelah timur kondisinya juga semakin parah. Begitu juga lintasan sebelah selatan, mulai dari pintu masuk sampai ke Desa Blang Mee, kendaraan sulit melintas dan sering terjadi kemacetan.

Bertambah rusaknya ruas jalan alternatif tersebut, terjadi selain karena kondisi jalan yang memang labil, juga dipicu hujan deras dalam beberapa hari belakangan sehingga semakin memperlebar lobang di jalan. “Sejak seminggu terakhir, kondisi jalan alternatif semakin parah dengan lobang jalan membesar. Kalau dulu membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk melintasi ruas jalan alternatif itu, sekarang bisa memakan waktu sampai 1,5 jam baru tembus,” ujar Zulkifli, warga setempat kepada Serambi, kemarin.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Bireuen, Fadli ST MSM melalui Kabid Binar Marga Fadli Amir ST kepada Serambi mengakui, kondisi jalan alternatif sejak hujan mengguyur Bireuen memang semakin parah. Ironisnya, perbaikan juga belum bisa dilakukan karena kawasan itu masih diguyur hujan. “Apabila cuaca membaik, rekanan akan segera memperbaiki dan memadatkan ruas jalan alternatif itu,” jelasnya. “Contohnya, pada Minggu (3/12) malam kemarin, ruas jalan di kawasan Blang Mee sudah ditimbun dan dipadatkan karena kala itu tidak hujan. Jalan lainnya juga akan dilakukan perbaikan bila cuaca cerah,” janjinya.

Sementara itu, dampak banjir ekses hujan deras yang mengguyur Bireuen seminggu terakhir mengakibatkan sejumlah ruas jalan dan jembatan di kabupaten itu rusak digerus air, di samping juga belasan unit rumah yang ikut rusak sehingga memaks a ratusan warga harus mengungsi.

Informasi diperoleh Serambi, ruas jalan yang rusak parah yaitu ruas jalan Alue Udeng, Kecamatan Peusangan Selatan yang tembus ke Kecamatan Juli, di mana badan jalannya tergerus hebat hingga sulit dilintasi.

Deka, warga setempat kepada Serambi, kemarin, mengatakan, pada Sabtu (2/12) sore, jalan Alue Udeng kondisinya masih bagus. “Namun, saat saya melintas pada Minggu (3/12) pagi, jalannya sudah rusak digerus air dan kendaraan sulit melintas,” ungkapnya. Beberapa ruas jalan lainnya yang ikutan rusak terdapat di Kecamatan Makmur, Gandapura, Kuala, sampai Jeunieb. Rata-rata jalan tersebut rusak parah akibat digerus banjir.(yus)

Editor: bakri Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Google News | Liputan 24 Bireuen

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »