6 Daerah Nyatakan Darurat Banjir | Liputan 24 Aceh
www.AlvinAdam.com

Liputan 24 Aceh

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

6 Daerah Nyatakan Darurat Banjir

Posted by On 2:39 AM

6 Daerah Nyatakan Darurat Banjir

6 Daerah Nyatakan Darurat Banjir

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ir Yusmadi mengatakan petugas enam kabupaten di Aceh

6 Daerah Nyatakan Darurat BanjirTanaman padi di areal persawahan di Gampong Palong, Kecamatan Glumpang Baro, Pidie, Minggu (3/12/2017), terendam banjir.

BANDA ACEH - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ir Yusmadi mengatakan petugas enam kabupaten di Aceh yang dilanda banjir akibat hujan sejak Kamis (30/11) hingga Minggu (3/12) meminta bantuan boat karet ke BPBA. Mereka juga menyatakan daerah masing-masing darurat banjir.

“Sampai kini, sudah enam daerah yang menyatakan daerahnya darurat banjir, yaitu Aceh Utara, Pidie, Aceh Tengah, Bireuen, Aceh Jaya, dan Nagan Raya. Mere ka minta bantuan boat karet ke BPBA untuk evakuasi masyarakat. Untuk Aceh Jaya dan Nagan Raya, boat karet dan bantuan logistik sudah kita kirim,” kata Yusmadi kepada Serambi, Minggu (3/12) sore.

Yusmadi menyebutkan dari 27 kecamatan di Aceh Utara, 16 di antaranya dilanda banjir setinggi 40-60 cm, termasuk enam di antaranya tergolong parah, yaitu Lhoksukon, Langkahan, Pirak Timuk, Matang Kuli, Samudera dan Tanah Luas.

Sedangkan di Aceh Singkil yang sudah memang kerap banjir, kata Yusmadi ketinggian air sudah mencapai 80 cm, terutama di pemukiman penduduk yang dekat aliran sungai dan laut.

Yusmadi menambahkan secara keseluruhan banjir tak hanya merendam pemukiman penduduk, tetapi juga mengakibatkan beberapa ruas jalan nasional dan provinsi serta kabupaten/kota dan kecamatan retak, bahkan longsor dan terbelah. Misalnya di Km 22 jalan nasional Bireuen-Takengon. Begitu juga di jalan Takengon menuju Paweu-Truseb, terjadi longsor di 10 titik.

“Ruas badan jal an yang longsor memang masih bisa dilalui, tapi jika pihak Dinas PU Bina Marga Aceh bersama Dinas PU Kabupaten setempat tidak menangani secepatnya, badan jalan yang longsor akan melebar, sehingga mobil barang, penumpang maupun mobil pribadi nanti tidak bisa lewat, sehingga membuat arus transportasi macet total,” kata Yusmadi.

Dikonfirmasi terpisah kemarin, GM PT PLN (Persero) Wilayah I Aceh, Ir Jefri Rosiadi mengatakan sejauh ini belum ada laporan yang masuk kepadanya mengenai ada tower dan tiang listrik yang tumbang hingga membuat arus listrik padam. Begitu pun, ia tetap meminta petugas gardu dan jaringan listrik di kecamatan dan kabupaten/kota untuk siaga 24 jam.

“Jika ketinggian air sudah mendekati trafo dan gardu, arus listrik segera diputus/dimatikan sementara, supaya masyarakat sekitar tidak terkena sengatan listrik akibat luapan air bah yang turun dari gunung dan hulu sungai. Kebijakan seperti ini sudah pernah kami lakukan di Aceh Singkil. Setelah air surat, arus listrik kembali dihidupkan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPRA Tgk Muharuddin meminta instansi terkait, yaitu BPBA, Dinsos, Dinkes, Bina Marga, Cipta Karya, Balai PU Aceh dan Bappeda segera menurunkan tim ke lapangan untuk mengidentifikasi dan menangani cepat dampak banjir tersebut, termasuk menyalurkan bantuan masa panik berupa sembako dan kebutuhan pokok lainnya.

Menurutnya, DPRA siap menyetujui pencairan dana tak terduga dalam APBA 2017 untuk penanganan ekses banjir tersebut. “Dana tak terduga itu setiap tahun dialokasikan Rp 50 miliar untuk penanganan ekses bencana alam yang menjadi kewenangan Pemerintah Aceh, baik bencana banjir, tanah longsor, dan lainnya,” kata Muharuddin.

Selain itu, Muharuddin juga berharap dinas teknis kabupaten/kota bergerak cepat membantu korban banjir, sambil menunggu bantuan dari provinsi. “Makanya dalam setiap penyusunan dan pembahasan APBK, alokasi dana bencana alam dan tak terduga itu harus menjadi perhatian khus us bupati/wali kota bersama DPRK, terutama bagi daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor,” ujar Muharuddin. (her)

Editor: bakri Sumber: Serambi Indonesia Ikuti kami di Sumber: Google News | Liputan 24 Takengon

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »